Ingin Nyaman dan Aman Saat Mudik Lebaran? Ini Tips-tipsnya

Beberapa hari menjelang Lebaran, sebagian orang pasti pulang kampung untuk merayakannya bersama dengan keluarga, khususnya mereka yang merantau dan tinggal jauh dari sanak keluarganya. Tradisi yang satu ini memang merupakan kebiasaan khas orang Indonesia, sehingga menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu.

Bagi mereka yang mudik, tentu ada berbagai macam moda transportasi yang biasanya digunakan, seperti kereta, mobil, pesawat, kapal, bahkan sampai motor. Namun, agar acara hari Raya bersama dengan keluarga tidak terganggu, tentunya Anda harus melakukan perjalanan yang nyaman dan aman terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda pun bisa sampai di tujuan dengan selamat dan sehat.

Karena itulah, ada baiknya kalau Anda mengikuti beberapa tips mudik aman dan nyaman di bawah ini.

1.Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima

Ketika mudik Lebaran tiba, tidak jarang orang menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi pulang kampungnya. Baik itu mobil atau motor, sudah biasa menjadi pilihan orang-orang Indonesia untuk menuju ke daerah kampungnya. Meskipun begitu, tentu Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah kendaraan Anda dalam kondisi prima atau tidak.

Memastikan kondisinya terlebih dahulu sebelum dibawa perjalanan jauh memang sangat pentiing dilakukan. Ada baiknya kalau Anda cek semua mesin-mesinnya, seperti oli, rem, ban, dan sebagainya. Kondisi kendaraan mobil atau motor yang prima tentu membuat perjalanan Anda akan selalu aman.

Tentu akan sangat merepotkan jika tiba-tiba di tengah perjalanan kendaraannya mati karena ada mesin yang rusak. Tidak ada salahnya Anda membawanya ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut sebelum mudik.

2.Jaga kesehatan

Hal penting lainnya yang perlu Anda jaga tidak hanya kendaraannya, tapi juga kesehatan diri Anda. Melakukan perjalanan mudik tentu tidak membutuhkan waktu yang sebentar, apalagi daerah tujuan Anda yang sangat jauh sehingga membutuhkan waktu berhari-hari. Walaupun jaraknya yang dekat pun, Anda juga harus dalam kondisi prima agar momen berkumpul bersama keluarga berjalan lancar dan menyenangkan.

Anda tidak ingin momen Lebaran nanti terganggu hanya karena Anda kelelahan atau sakit setelah perjalanan mudik, bukan? Ada baiknya jika Anda membawa persediaan air minum yang cukup sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi. Selain itu, bawa juga obat-obatan kalau Anda memang membutuhkannya.

3.Kunci pintu dan jendela rumah dengan benar serta rapat

Ketika semua anggota keluarga Anda melakukan mudik Lebaran, pastinya rumah dalam keadaan kososng atau tidak sedang berpenghuni. Kondisi tersebut selalu digunakan para maling untuk mengambil barang-barang di dalam rumah secara bebas. Pastikan Anda kunci semua pintu dan jendela agar mereka tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Tidak ada salahnya juga menitipkan rumah Anda ke orang terdekat atau orang kepercayaan Anda agar bisa menjaga rumah tetap aman. Anda tidak ingin ketika momen Lebaran yang menyenangkan di kampung halaman terganggu karena ada berita kemalingan dari rumah Anda, bukan?

Mudik aman dan nyaman akan sangat menyenangkan jika Anda memastikan kondisi kendaraan, kesehatan diri, serta rumah Anda. Jangan sampai Anda lalai melupakan hal-hal tersebut, karena sudah pasti waktu liburan Lebaran bersama keluarga akan menjadi kurang menyenangkan. Sudah siap mudik Lebaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *