July 24, 2024

Ada banyak penyebab kenapa pinggang belakang sakit, mulai dari faktor usia atau alasan lain. Terlepas dari apa penyebabnya, kondisi tersebut tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga perlu segera diobati.

Pasalnya, untuk kondisi tertentu, penyakit pinggang yang dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan masalah serius. Untuk penjelasan lebih lengkap terkait penyebabnya dan cara mengatasi, Anda bisa menyimak pembahasan kali ini.

Penyebab Kenapa Pinggang Belakang Sakit

Sebelum datang ke dokter untuk konsultasi kenapa pinggang belakang sakit, Anda bisa menyimak beberapa faktor di bawah ini sebagai langkah awal identifikasi. Apabila kondisi tidak kunjung membaik, barulah Anda perlu membawanya ke dokter untuk menjalani pengobatan.

1. Adanya cedera punggung

Hal pertama yang paling sering terjadi adalah ketika seseorang mengalami cedera punggung. Cedera ini bisa didapatkan ketika mengalami kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh dari ketinggian, atau tertimpa benda berat. Meskipun sudah mendapatkan perawatan medis, kondisi yang cukup parah biasanya akan meninggalkan bekas luka dan terasa sakit ketika disentuh atau duduk dalam posisi tertentu.

2. Menderita osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi ketika tulang belakang sudah rapuh dan keropos. Pada beberapa kasus, penderita malah kesehatan ini juga kerap menimbulkan rasa kesakitan di pinggang bagian belakang. Selain itu, osteoporosis juga dapat membuat orang mengalami penurunan tinggi badan.

3. Masalah pada sendi sakroiliaka

Penyebab berikutnya adalah karena terjadi masalah di bagian sendi sakroiliaka. Sendi tersebut menghubungkan antara sacrum bawah tulang belakang ke sisi panggul. Dengan sambungan ini, maka ketegangan tubuh bagian bawah dan atas dapat diredam sehingga ketika sendi bermasalah bisa menyebabkan pinggang bagian belakang terasa sakit.

Cara Mengatasi Pinggang Bagian Belakang yang Sakit

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tergantung dari seberapa parah rasa sakit yang dialami. Apabila kasus masih ringan, Anda dapat mengubah pola hidup seperti rutin berolahraga, melatih otot sekitar pinggang, dan berhenti merokok.

Selain itu, mengompres menggunakan air hangat juga bisa membantu meredakan rasa sakit yang muncul. Akan tetapi, jika kondisi sudah cukup parah, lebih baik segera bawa ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa alasan kenapa pinggang belakang sakit ada bermacam-macam, mulai dari cedera, masalah sendi, dan lain-lain. Untuk memastikan penyebab tersebut, Anda bisa berkonsultasi ke layanan kesehatan di sekitar.

Apabila penyebab sudah diketahui dengan pasti, maka langkah penanganan akan menjadi jauh lebih mudah. Hal tersebut akan sangat membantu mempercepat proses penyembuhan hingga rasa sakit berkurang atau bahkan menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *