May 31, 2024

Apakah anda sedang mencari contoh jurnal akuntansi? Sebagai mahasiswa akuntansi tentunya menjadi salah satu hal lumrah jika harus mencari jurnal akuntansi untuk keperluan pembelajaran. Dengan jurnal anda dapatkan mendapatkan berbagai pengetahuan yang masih berkaitan dengan bidang keilmuan akuntansi.

Jurnal juga dapat digunakan untuk contoh atau pegangan dalam membuat jurnal nantinya. Tapi sebenarnya apa itu jurnal akuntansi? Untuk mengetahuinya maka langsung saja simak ulasan berikut.

Pengertian Jurnal Akuntansi

Agar tak salah dalam mencari contoh jurnal akuntansi, maka perlu untuk memahami pengertian jurnal akuntansi terlebih dahulu. Apa itu jurnal akuntansi?

Jurnal akuntansi adalah semua kegiatan yang berhubungan transaksi keuangan yang kemudian dicatat pada sebuah jurnal. Nah, dalam jurnal akuntansi yang ideal akan memberikan informasi penerimaan, penjualan, kas, lalu faktur, dan informasi terkait seputar sumber data lainnya yang masih menunjukkan transaksi keuangan.

Sebagai mahasiswa akuntansi, anda mungkin akan diminta untuk membuat sebuah jurnal akuntansi. Tapi sebelum menyusun jurnal akuntansi, maka perlu sekali untuk mengetahui prinsip-prinsip dasar dari jurnal akuntansi. Nah, berikut ini adalah prinsip-prinsip dasarnya.

  • Identifikasi bukti transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan seperti bukti berupa memo, nota, faktur, kwitansi, dan bukti lainnya
  • Kemudian perlu untuk menentukan hal yang berpengaruh dalam transaksi perusahaan, kemudian menggolongkannya ke dalam jenis modal, utang, atau modal.
  • Selanjutnya dapat melakukan penambahan atau pengurangan terhadap akun yang terkait transaksi bersangkutan
  • Perlu untuk menetapkan apakah ada kegiatan untuk melakukan pendebetan atau pengkreditan akun terkait transaksi yang terjadi
  • Lakukan pencatatan transaksi yang terjadi ke jurnal umum sesuai dengan bukti transaksi.

Dengan mengetahui prinsip dasar pembuatan jurnal akuntansi maka anda sebagai mahasiswa pun dapat membuat jurnal akuntansi yang baik dan benar. Tapi jika memang dibutuhkan maka tak ada salahnya mencari contoh jurnal akuntansi untuk membantu agar mempermudah pembuatan jurnal akuntansi.

Fungsi Jurnal Akuntansi

Jurnal akuntansi pun memiliki berbagai fungsi. Langsung saja berikut ini adalah beberapa fungsinya.

1. Fungsi Pencatatan

Pertama adalah sebagai pencatatan setiap transaksi keuangan yang dilakukan dalam kegiatan bisnis atau usaha. Pencatatan ini mencakup modal, aset kekayaan, biaya, serta naraca saldo dan lajur.

Akan semakin baik jika data yang dimasukkan semakin lengkap sehingga dapat jurnal dapat memberikan data finansial secara akurat dan pastinya sesuai dengan bukti.

2. Fungsi Analisis

Selanjutnya adalah berfungsi sebagai bahan analisis yang mencakup pencatatan pada pendebitan, lalu pengkreditan dan jumlahnya, atau penggolongan dari nama akun. Misalnya adalah saat perusahaan akan melakukan transaksi, maka anda perlu menentukan apakah transaksi tersebut masuk ke dalam kategori debit atau kredit.

3. Fungsi Histori

Fungsi selanjutnya adalah sebagai histori sebab jurnal berisi pencatatan seputar transaksi keuangan yang dilakukan dan memiliki sifatĀ  sistematis dan secara kronologis. Untuk itu diperlukan pencatatan transaksi sesuai tanggal transaksi terjadi.

4. Fungsi Informatif

Jurnal juga bisa menjadi wadah penyedia informasi finansial usaha atau bisnis baik untuk tim perusahaan atau diri sendiri.

Itulah beberapa fungsi dari jurnal akuntansi, yang dapat dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Mencari Contoh Jurnal Akuntansi

Untuk anda yang memang sedang mencari contoh jurnal akuntansi maka nisa mencari di berbagai situs di internet, anda dapat menemukan jurnal secara gratis di beberapa situs legal seperti situs jurnal universitas atau jurusan di kampus anda.

Penutup

Mungkin itu saja penjelasan kali ini tentang jurnal akuntansi dan informasi lainnya seputar contoh jurnal akuntansi. Anda bisa juga kunjungi website GuruAkuntansi.co.id untuk dapatkan informasi akuntansi menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *