Kelebihan dan Kelemahan menjadi Seorang Vegetarian

Vegetarian merupakan gaya hidup yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran saja atau bebas dari lemak daging. Saat ini sudah semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup tersebut karena berbagai alasan, seperti karena kesehatan yang mengharuskan mereka makan sayuran, agama, maupun anggapan untuk melindungi hewan-hewan.

Dalam dunia medis, sebenarnya menerapkan pola hidup sebagai vegetarian perlu dipertimbangkan, karena memiliki beberapa manfaat bagi mereka yang menjalaninya. Tapi, hal tersebut juga dapat membawa bahaya kesehatan pada tubuh mereka, apalagi tidak dilakukan dengan benar.

Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan bagi Anda yang menjalankan pola hidup vegetarian.

Kelebihannya

1.Penyakit jantung lebih beresiko rendah

Menurut dari penelitian yang dilakukan oleh Oxford dengan melibatkan 65.000 orang, mereka membuktikan jika sebagai seorang vegetarian, resiko untuk terkena penyakit jantung lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya. Risiko yang terhindarkan mencapai 20%, sehingga Anda yang menerapkannya tidak perlu khawatir dengan penyakit serangan jantung.

2.Risiko penyakit kanker usus semakin menurun

Tidak hanya penyakit jantung, penyakit kanker usus pun juga bisa terhindarkan dengan menjalankan gaya hidup vegetarian. Memang dari berbagai penelitian manapun, kanker usus akan semakin mudah didapat kalau orang tersebut sering mengkonsumsi daging merah. Orang vegetarian lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur, sehingga serat dan kandungan antioksidannya melindungi tubuh dari kanker.

3.Risiko diabetes menurun

Lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah tentu akan menurunkan risiko diabetes, terutama diabetes mellitus. Risiko diabetes memiliki persentase penurunan mencapai 25 persen. Usahakan imbangi dengan mengkonsumsi oat meal atau roti gandum.

Kerugian

Tidak hanya kelebihannya saja yang akan didapat, mereka yang menjalani program vegetarian juga memiliki kerugian pada kesehatan tubuhnya. Karena mereka tidak makan daging, tentu kandungan gizi yang didapat tidak akan sempurna.

Seperti yang sudah kita ketahui, daging memiliki zat besi dan vitamin B12 yang lebih tinggi dari bahan makanan lainnya, apalagi daging termasuk sumber protein yang penting untuk tubuh. Mereka yang tidak makan daging, tentu tidak akan mendapatkan kandungan-kandungan tersebut, padahal sangat berfungsi pada jaringan tubuh manusia.

Zat besi dan vitamin B12 sangat penting untuk tubuh karena mencegah terjadinya anemia dan gangguan saraf. Meskipun Anda tetap menjalankan program vegetarian, Anda harus mencari cara lainnya agar kedua kandungan tersebut tetap terpenuhi.

Selain itu, kalangan vegetarian tidak hanya menghindari daging, tapi juga susu dan telur. Padahal, kedua makanan tersebut sangat membantu seseorang untuk mendapatkan kandungan kalsium dan tambahan protein agar semakin tercukupi. Kesehatan tulang pun juga akan terganggu kalau Anda tidak mengkonsumsi kedua makanan tersebut.

Tidak ada salahnya menjadi seorang vegetarian, tapi, ada baiknya kalau Anda mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi agar tidak salah menerapkannya. Salah-salah menjalaninya, tentu akan ada semakin banyak bahayanya. Pastikan Anda jalani dengan tepat dan sesuai dengan anjuran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *