Kebiasaan Sehat yang Wajib Dilakukan Penderita Stroke

Stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan menjadi urutan pertama sebagai pembunuh mematikan dalam kesehatan manusia. Ada banyak alasan kenapa orang mudah terkena stroke, salah satunya adalah tidak menerapkan gaya hidup sehat semasa hidupnya.

Mereka melalaikan pola hidup yang seimbang, sehingga stroke menghantui mereka, terutama ketika sudah beranjak dewasa. Ketika sudah dewasa, bahkan orang lanjut umur, risiko stroke akan semakin besar. Namun, bagi Anda yang sudah pernah mengalami stroke, ada baiknya ubah kebiasaan Anda menjadi lebih sehat.

Berikut cara-cara sehat yang perlu Anda terapkan sehari-hari.

1.Konsumsi makanan seimbang dan sehat

Membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang sehat tentu menjadi tantangan bagi sebagian orang. Mereka yang terbiasa makan cepat saji, mengkonsumsi makanan atau minuman manis, dan sejenisnya tentu tidak akan mudah menjalani gaya hidup sehat yang satu ini. Tapi, bagi penderita stroke, mengkonsumsi makanan seimbang dan sehat sangatlah penting untuk diperhatikan.

Alasan orang tidak ingin menerapkannya adalah sulit menentukan makanan apa yang cocok. Padahal, Anda bisa menemukannya dalam bahan-bahan makanan setiap hari, seperti ikan maupun kacang-kacangan. Jangan lupa, tambahkan daging agar asupan protein Anda semakin lengkap. Tidak ada salahnya menggantinya dengan protein nabati, seperti biji-bijian atau kacang-kacangan bagi penderita kolesterol.

2.Olahraga

Bagi Anda yang sudah pernah menderita stroke, olahraga adalah kagiatan yang perlu Anda lakukan secara rutin. Tidak perlu memikirkan tempat latihannya, cuaca, maupun kelengkapan alat-alatnya, karena Anda dapat melakukannya di rumah, bahkan tidak membutuhkan alat apapun.

Cukup lakukan peregangan otot selama kurang lebih 30 menit. Lakukan dengan hal yang ringan agar otot yang dulunya sempat kaku, mulai bisa digerakan kembali. Jangan membuat peregangan yang mengejutkan, karena akan sangat berbahaya untuk otot-ototnya.

3.Berhenti merokok

Sama seperti penderita kolesterol, penderita stroke juga harus menghilangkan kebiasaan merokoknya dalam kesehariannya. Kandungan dalam rokok tentu sangat beracun, apalagi terdapat nikotin dan tar yang sangat berbahaya serta dapat membunuh tubuh secara perlahan-lahan. Anda yang terus merokok, tentu penyakit stroke akan mudah menyerang kembali, bahkan mungkin bisa semakin parah.

Untuk mengatasinya, ada baiknya kalau memulai terlebih dahulu dengan menguranginya perlahan-lahan. Jika biasanya Anda mengkonsumsi sebanyak 12 batang sehari, kurangi pelan-pelan menjadi sekitar 8 hingga 9 batang per hari. Kalau sudah mulai terbiasa, kurangi sedikit lagi sampai Anda benar-benar berhenti.

Memang sulit mengurangi rokok, apalagi mereka yang sudah benar-benar kecanduan. Cara tambahan lainnya yaitu sibukan mulut Anda dengan mengkonsumsi cemilan. Tapi, pilih cemilan yang menyehatkan, seperti oat meal, smoothie, buah-buahan, dan sebagainya.

3 cara di atas adalah cara ampuh mengurangi risiko stroke pada tubuh Anda. Tidak perlu dilakukan terburu-buru, karena pasti di awal-awal akan sulit dilakukan. Biasakan terlebih dahulu, sehingga bisa menjadi kebiasaan yang sehat untuk tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *