Manajemen Perusahaan untuk Mengatur Keuangan Menjadi Lebih Baik

Sebuah manajemen tentu sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan. Perusahaan pastinya akan memerlukan manajemen yang dikelola dengan baik dalam suatu perusahaan. Perusahaan dengan pengelolaan manajemen yang buruk tidak hanya merugikan kesejahteraan karyawannya, namun mungkin dapat memuat keterpurukan dalam perusahaannya sendiri dan akhirnya perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan. Manajemen dalam suatu perusahaan tentunya mempunyai kode etik yang berlaku. Seorang manajer juga harus sinkron kerjanya dengan seorang akuntan yang bekerja dalam pengelolaan keuangan. Lebih baik lagi jika memang manajernya mengerti dasar-dasar mengenai pengelolaan keuangan.

Mengingat uang merupakan hal yang krusial untuk semua orang, uang juga harus dikelola dengan manajemen yang baik. Seorang akuntan mungkin memang bisa menggunakan aplikasi keuangan atau aplikasi akuntansi untuk mengolah data keuangan suatu perusahaan. Namun, tetap saja jika hal tersebut tidak dibarengi dengan manajemen yang baik, laporan keuangan yang dihasilkan tidak akan sempurna, bisa saja terjadi kesalahan dalam penginputan data, terjadi keteledoran, dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperkenalkan lah istilah manajemen keuangan sebagai ilmu disiplin sendiri cabang dari ilmu manajemen dan ilmu akuntansi. Manajemen keuangan merupakan kegiatan bisnis pengambilan suatu keputusan, rencana, anggaran, pengelolaan, pemeriksaan dan penyimpanan dana milik perusahaan. Oleh karena itu, manajemen keuangan perusahaan sangat lah penting. Orang yang sudah mahir dalam mengelola perusahaan harusnya sudah tidak asing dengan istilah ini. Manajer keuangan tentunya harus mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan mencakup mengetahi perhitungan gaji, mengetahui perhitungan pajak UMKM, dan lain-lain.

Pentingnya Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan pada dasarnya mempunyai tujuan yaitu pengambilan keputusan untuk nantinya mensejahterakan perusahaan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa nilai perusahaan akan ditentukan oleh nilai pasar sahamnya. Semakin tinggi nilai pasar saham, semakin tinggi juga nilai perusahaannya. Adapun beberapa tujuan dan fungsi manajemen keuangan adalah sebagai berikut,

1. Sebagai perencana keuangan

Manajemen keuangan tentunya harus dapat membuat rencana pemasukan dan pengeluaran serta kegiatan dalam periode yang telah ditentukan. Manajer disini bisa membantu pihak pembuat laporan keuangan dalam hal pembukuan menggunakan software pembukuan.

2. Sebagai penyelenggara dan pengelola keuangan

Manajer menindaklanjuti perencanaan keuangan dengan membuat informasi mengenai pengeluaran dan pemasukan dalam keuangan. Setelah itu keuangan harus dikelola sebaik mungkin, manfaatkan dana yang dikelola semaksimal mungkin.

Manajemen keuangan dan akuntansi UKM juga sebagaimana kita ketahui berhubungan dengan pajak. Pajak tidak lah hal yang mudah, dalam menghitung pajak dibutuhkan pengetahuan yang mendasar mengenai pajak, setidaknya pengelola pajak harus mengetahui aturan dan dasar hukum mengenai pajak yang berlaku. Akan sangat menguntungkan sekali jika manajer juga paham betul mengenai pajak tersebut, sehingga dalam pengambilan keputusan seorang manajer dapat mandiri memutuskan keputusan tanpa pihak lain. Perhitungan pajak sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *