Sangat penting dilakukan untuk menjaga performa mesin mobil matic agar kinerjanya semakin optimal. Salah satunya yakni dengan mengetahui bagaimana cara cek oli transmisi kendaraan itu sendiri. Dikarenakan jika oli tersebut sudah mulai berubah warna, maka bisa jadi kondisi ini akan membuat kinerja mesin menjadi menurun. Bagi Anda yang tidak ingin bersusah payah mengecek kondisi pelumas transmisi mobil ke bengkel, maka bisa mengetahui cara cek oli tersebut di rumah dengan langkah-langkah berikut ini.

Lihat warna ketika cek oli kendaraan

Secara umum, oli yang kondisinya masih baru memiliki warna yang cerah yakni kemerahan. Apabila kondisi pelumas transmisi sudah berwarna keruh dan hitam pekat, maka ini sudah menandakan jika Anda perlu melakukan penggantian pelumas dengan yang baru. Sebab jika mobil sering digunakan, maka oli akan menjadi lebih gelap dari pertama kali membeli. Untuk itu, pastikan selalu cek dan rutin mengganti pelumas transmisi mobil.

Cari tempat dengan permukaan datar

Ketika akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi oli secara berkala, pastikan hal utama yang perlu diperhatikan yakni mengenai tempat pengecekan. Dalam hal ini, Anda pastikan menggunakan tempat dengan permukaan yang datar. Hal ini penting dilakukan dengan tujuan agar posisi mobil tidak miring dan menyulitkan Anda dalam memeriksa mesin kendaraan. Jika sudah, maka Anda coba untuk memanaskan mesin dan ketahui respon mesin dengan menggunakan bantuan dipstick. 

Menyalakan mesin kendaraan dan ubah posisi transmisi

Mengetahui kualitas baik buruknya pelumas transmisi selanjutnya yakni dengan menyalakan mesin kendaraan untuk mendapatkan panas yang maksimal. Setelah itu, Anda tinggal menarik tuas rem dan ubahlah posisi tuas transmisi ke setiap level secara bergantian. Tujuan dari hal ini yakni untuk memastikan apakah oli berhasil masuk ke solenoid dan body valve atau tidak. Pada oli mobil yang masih optimal biasanya akan dapat menggerakkan mobil dalam waktu yang singkat. Bahkan, di beberapa mobil juga akan mendapatkan respon yang cukup halus.

Manfaatkan jarak tempuh kendaraan

Perlu Anda ketahui, bahwa pelumas transmisi mobil matic sebaiknya perlu dilakukan penggantian setiap kendaraan menempuh jarak lebih dari 80.000 km ke atas. Ini dikarenakan, jika semakin tinggi jarak tempuh kendaraan, maka oli akan bekerja secara ekstra sehingga akan lebih mudah berubah warna. Jika tidak dilakukan penggantian oli, maka akan muncul kerak  dan penumpukan sisa pelumas di mesin yang akan menghambat kinerja mobil tersebut.

Cek kondisi kadar oli di dipstick 

Terakhir, Anda bisa mengecek pelumas transmisi dengan menggunakan bantuan dipstick. Disini, Anda tinggal buka kap mobil kemudian tempelkan dipstick oli. Untuk menghilangkan sisa pelumas, Anda bisa menggunakan lap khusus dan masukkan lagi ke tempat semula. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan angkat kemudian lihat warna dan volume oli. Jika warna masih terlihat cerah dan tidak berbau, maka kondisi oli masih dikatakan prima.

Dengan menerapkan tips cara cek oli transmisi kendaraan di atas, Anda tidak perlu repot – repot pergi ke bengkel dan mengeluarkan banyak biaya. Meski demikian, jika oli tersebut sudah saatnya diganti maka pastikan menggunakan oli berkualitas dari Idemitsu yang hemat dan ramah lingkungan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>